Cara Membersihkan Wajah

No ratings yet.

Cara membersihkan wajah mungkin terdengar sepele, tetapi inilah 3 hal yang harus diketahui oleh tentang pentingnya menjaga kebersihan wajah:

Cara membersihkan wajah secara cepat dan efektif

1. Tidak mencuci muka dalam keadaan terburu-buru

cara membersihkan wajah dan memutihkan

Salah satu hal yang dilarang baik bagi wanita maupun pria ketika membersihkan muka adalah dilakukan secara terburu-buru dan terkesan tidak serius.

Membersihkan muka dalam kondisi tidak tenang akan membuat wajah kurang bersih dan menyisakan banyak kotoran, seperti minyak, debu, dan sejenisnya yang menyumbat pori-pori kulit.

Padahal sama dengan perawatan lainnya yang memerlukan kesabaran, mencuci wajah pun harus mendapatkan waktu sebanyak perawatan lain supaya kondisi kulit benar-benar bersih.

2. Rutin bukan berarti terus-terusan dicuci

cara membersihkan wajah dan komedo

Masih saja banyak yang salah paham dengan istilah ‘rutin mencuci wajah’ diartikan dengan membersihkan muka setiap beberapa jam sekali menggunakansabun.

Padahal yang benar tidak demikian.  Justru mencuci wajah menggunakan facial foam atau scrub tidak dianjurkan setiap beberapa jam sekali dan hanya diizinkan dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sebelum tidur.

Mencuci muka menggunakan sabun juga dapat merusak atau menganggu keseimbangan pH kulit wajah, sehingga perlu dihentikan dan menggantinya dengan ahan balami lain yang lebih bagus.

 Cucilah wajah sebanyak ketika hendak mandi, yakni pagi dan sore hari. Namun buat kamu yang beraktivitas hingga malam hari, tetaplah membersihkan muka sebelum tidur supaya kulit tetap sehat dan mulus.

3. Tetapkan produk yang digunakan

cara membersihkan wajah cowok secara alami

Meski beberapa wanita memiliki kulit lebih tebal, tetapi faktanya tidak demikian. Mereka juga sama halnya dengan perempuan lain yang bisa terkena iritasi, jerawat, dan lain-lain.

Untuk memberikan perawatan setiap hari, ada baiknya tidak terlalu sering berganti produk supaya kulit tetap aman dan terhindar dari iritasi.

Selama memutuskan untuk melakukan serangakaian perawatan, maka selama itu pula harus mulai menetapkan satu produk. Walau hanya jenis produk pembersih wajah sekali pun.

Dikhawatirkan nanti, jika kerap berganti produk atau merk maka sekali bahan tersebut tidak cocok dengan jenis kulit, maka bisa merusaknya. Untuk produk yang dipilih, maka wajib bagi kamu mengenali jenis kulit dan apa yang paling membuat wajah sensitif.

Untuk jenis kulit kusam dan berminyak, tentu memerlukan perlakuan yang berbeda supaya tidak berubah menjadi malapetaka. Berikut lebih rincinya!

Cara merawat wajah kusam

1. Katakan tidak untuk air panas

cara membersihkan wajah cara membersihkan wajah

Kulit yang kusam tentu terasa kering, gelap, dan sedikit kaku. Biasanya para wanita akan mencari jalan pintas dengan menggunakan air panas sebagai media untuk melembabkan.

Padahal justru sebaliknya. Air panas akan membuat kulit tambah kering dan makin gelap, karena tekanan suhu yang tinggi bakal membuka pori-pori kulit makin lebar, sehingga dapat menghilangkan minyak alami pada wajah. Akibatnya, kelembapan kulit pun terganggu.

Namun kamu jangan khawatir, untuk mengatasi kulit kusam, sebaiknya gunakan air dingin atau air es yang bersifat menutup pori-pori kulit serta mengendalikan minyak alami pada wajah. Jadi, muka terlihat lebih fresh dan tampak lebih sehat.

2. Pelembab yang mengandung minyak

cara membersihkan wajah berminyak secara alami

Pada jenis kulit kusam, banyak yang menyarankan kalau sebaiknya tidak melupakan penggunaan pelembab yang mengandung minyak.

Produk pelembab yang mengandung minyak akan membantu kulit lebih kenyal dan tidak kering. Selain itu, pelembab juga akan lebih maksimal digunakan setelah beberapa menit mencuci muka.

Namun buat kamu yang takut menggunakan pelembab karena punya kulit yang sensitif, maka sebaiknya mulai sekarang bikin produk perawatan dari bahan alami atau natural.

3. Bahan alami untuk kulit kusam

cara membersihkan wajah berminyak dan berjerawat

Daripada mengandalkan bahan-bahan kimia atau pabrik, akan lebih baik dibiasakan menggunakan bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Bisa dengan mencampurkan susu dan madu, atau madu dengan kayu manis, dan lainnya.

Ditambah lagi, efek nyata dari bahan alami rupanya memberikan perlindungan jangka panjang yang lebih ampuh ketimbang instan. Selain itu semakin banyak bahan atau raw food yang dijadikan masker, maka otomatis menambah asupan nutrisi ke dalam kulit.  

Biasanya bahan alami yang kerap digunakan untuk merawat wajah kusam adalah campuran putih telur dan bubuk coklat, atau madu.

Lain masalah, lain pula cara mengatasinya. Itulah yang juga terjadi pada kulit berjerawat yang memerlukan perlakuan khusus dan penuh kehati-hatian.

Cara merawat kulit berjerawat supaya tidak bertambah parah

1. Menggunakan pelembab bebas minyak

april skin dear darling water tint

Seakan sama dengan kulit kusam, wajah berjerawat disarankan juga menggunakan pelembab yang bebas kandungan minyak. Meski minyak bukan musuh kulit dan bisa melebur ketika saling bertemu (minyak dalam pelembab dan minyak alami kulit), tetapi tetap saja harus dikendalikan.

Jerawat biasanya muncul karena produksi minyak berlebih pada wajah, sehingga ada baiknya untuk mengurangi ketergantungan pada produk yang memasukkan oilbase.

Seperti halnya pada salah satu produk asal Korea Selatan yang terkenal ramah bagi pemilik wajah berminyak, April Skin Magic Snow Cushion datang memberikan solusi pasti.

Brand dengan kandungan SPF50++ ini nyatanya mampu mencerahkan kulit tanpa meninggalkan efek samping apa pun.  Minyak berlebih pada waah dapat diatasi dengan mudah.

Kamu pun bahkan bisa menonton videonya berikut ini:

untuk informasi pemesanan produk bisa what’sApp ke 0822 5727 4578

2. Pakai masker alami

cara membersihkan wajah berjerawat yang benar

Jerawat harus segera disembuhkan agar tidak bertambah banyak. Namun satu hal yang perlu diperhatikan sebelum merawatnya dengan masker, yaitu jangan pernah memegang atau memenceti jerawat karena bisa bertambah parah. 

Selanjunya, masker alami yang bisa dibuat adalah campuran mentimun dan extra-virgin oil yang dihancurkan hingga lembut lalu diaplikasikan ke wajah.

Gunakan masker selama kurang lebih 20 menit dan bilas menggunakan air hangat suam-suam kuku. Kamu juga bisa mencoba masker barbahan alami lainnya di sini (cara membuat masker alami).

Nantinya, masker alami akan bekerja lebih aman dan sehat jika dibandingkan dengan bahan kimia, jadi tidak perlu takut untuk memanfaatkannya sebagai produk perawatan masa kini.

3. Hindari menggunakan sabun muka

cara membersihkan wajah berkomedo

Kalau wajah sudah berjerawat, maka harus menghindari penggunaan sabun mandi untuk mencuci wajah. Sabun mandi mengandung sejumlah bahan yang keras dan berat untuk diterima kulit wajah, sehingga tidak menutup kemungkinan malah akan menyebabkan jerawat kian parah.

Sebelum terlambat, gunakan sabun berbahan alami seperti sabun susu kambing, sabun beras, dan tidak punya unsur aroma yang menusuk.

Apabila masih ragu menggunakan produk instan, maka sebelum mencuci muka ada baiknya mengaplikasikan toner atau cleanser alami yang dapat diambil dari cuka apel. Oleskan cuka apel ke wajah menggunakan kapas atau cotton buds, lalu bilas dengan air dingin.

Menjaga kebersihan wajah merupakan kewajiban bagi seluruh manusia agar terhindar dari segala ancaman kesehatan seperti kanker kulit dan iritasi permanen.

Terpenting, sebelum menggunakan produk perawatan, agaknya harus belajar mengetahui dan memahami betapa pentingnya persoalan kuit yang sering diabaikan oleh sebagian besar kaum adam ini.

Di samping itu, seiring bertambahnya jumlah penduduk dan kecanggihan teknologi dalam menciptakan terobosan baru dalam dunia kecantikan, produk perawatan, dan lainnya diharapkan tidak menjadikan kita lupa untuk kembali ke alam, yakni perawatan terbaik dulunya juga berasal dari alam tanpa meninggalkan efek samping apa pun, bahkan dinilai lebih ramah lingkungan.

 

Leave a Comment

[21:52, 1/10/2018] Mas Airul: