Cara Merawat Rambut Smoothing

Setelah melakukan pelurusan rambut jenis smoothing, tentu rambut akan mengalami kondisi yang tidak normal seperti terkena obat-obatan kimia dan terkena iron yang sangat panas dari catokan.

Meskipun obat smoothing tidak terlalu keras, mengandung protein dan keratin, namun tetap saja ada unsur kimia didalamnya.

Kondisi tersebut membutuhkan perawatan khusus untuk menyehatkan rambut kembali, walaupun tidak bisa seperti semula sebelum smoothing, namun paling tidak mengurangi kerusakan pada rambut.

Cara merawat rambut smoothing memang memerlukan sikap disiplin, telaten, juga menghabiskan banyak uang dan waktu untuk hal tersebut.

Beberapa Cara Merawat Rambut Smoothing Yang Dianjurkan

1. Tidak mencuci rambut sehabis smoothing

 cara merawat rambut smoothing berjilbab

Setelah smoothing, Anda tidak boleh keramas sampai beberapa hari, umumnya antara 2-3 hari sampai obat meresap ke dalam rambut.

Memang rambut akan terlihat lepek karena tidak keramas, namun ini tidak masalah agar obatnya bisa bekerja dengan maksimal.

2. Keramas pertama kali dengan sangat bersih

 cara merawat rambut bekas smoothing

Obat yang menempel di rambut harus dibersihkan dengan maksimal, makanya disarankan untuk keramas pertama setelah proses smoothing dilakukan di salon dan lebih baik lagi memilih jenis perawatan hair spa atau hair masker.

Jika melakukan sendiri, kemungkinan obat tidak terbuang sempurna, mengakibatkan rambut patah berlebihan.

3. Secara rutin melakukan hair spa atau hair masker

cara merawat rambut smoothing agar tidak keriting

Minimal 1 kali dalam sebulan melakukan perawatan intensif pada rambut, sehingga rambut terjaga kesehatannya.

Lebih baik lagi jika Anda menggunakan obat masker yang alami, seperti dari buah segar alpukat, lidah buaya, coklat dan bahan alami lainnya yang bukan kemasan.

4. Tidak mencatok rambut sementara waktu

bagaimana cara menjaga rambut smoothing

Selama beberapa bulan sehabis smoothing, tentu rambut masih dalam keadaan lurus, jadi disarankan untuk tidak melakukan pencatokan pada rambut yang bisa menambah stress pada rambut.

Sampai kira-kira rambut sudah normal kembali, catok bisa dilakukan namun frekwensinya dikurangi.

5. Sering memberikan kondisioner saat keramas

cara merawat rambut smoothing biar tetap lurus

Kondisioner fungsinya untuk melembutkan dan memberikan nutrisi pada rambut.

Oleskan kondisioner itu pada bagian batang sampai ujung rambut, jangan terkena kulit kepala karena kondisioner bisa merusak kulit kepala.

Ini adalah cara merawat rambut smoothing yang harus dilakukan secara reguler.

6. Keringkan rambut dengan cara manual

cara merawat rambut smoothing dengan baik

Sehabis keramas, rambut sebaiknya dikeringkan dengan menggunakan handuk atau kipas angin, jangan menggunakan hair dryer terlalu sering, karena hair dryer itu mengandung uap panas yang tidak baik jika terlalu sering terkena rambut.

7. Tidak mengikat rambut terlalu ketat

 bagaimana cara merawat rambut yang habis di smoothing

Mengikat rambut terlalu ketat akan membuat rambut lurus cepat melengkung, selain itu akan membuat rambut cepat rontok.

Jadi biarkan rambut digerai.

Seandainya Anda membutuhkan untuk mengikat atau menggulung rambut untuk suatu kondisi yang terpaksa, Anda bisa menggunakan jepit rambut, bukan karet yang mengikat terlalu ketat.

Jika ingin mandi tanpa keramas, dapat menggunakan penutup kepala dan memasukkan rambut ke dalam penutup kepala plastik tersebut agar tidak basah.

8. Gunakan sisir yang bergerigi jarang

cara merawat rambut smoothing agar tahan lama

Karena rambut lurus itu sebenarnya sudah mudah diatur, bahkan bisa menggunakan jari tangan untuk menyisirnya, maka hindari pemakaian sisir yang bertekstur gigi rapat.

Gunakan sisir yang berbahan kayu dan bergerigi renggang.

9. Tidak melakukan pewarnaan pada rambut dalam waktu yang berdekatan

cara merawat rambut smoothing dengan bahan alami

Sehabis melakukan smoothing, hindari pewarnaan rambut sampai beberapa bulan kemudian, normalnya sekitar 6 bulan, tunggu obat kimia dari hasil smoothing itu hilang dan bersih total dan tidak terjadi bentrokan dengan obat kimia dari pewarna rambut.

Jika Anda memaksakan mewarnai rambut setelah smoothing, bisa berakibat rambut rontok dan tekstur sangat kaku atau kasar mengembang, seperti rambut orang yang baru bangun tidur.

10. Hindari terlalu sering terkena sinar matahari

bagaimana cara merawat rambut yang telah di smoothing

Jika Anda bekerja di outdoor, gunakan penutup kepala atau payung untuk menghindari rambut yang terlalu sering terkena sinar matahari, karena itu bisa merusak rambut dan membuat bagian ujung rambut pecah-pecah atau bercabang.

11. Memotong ujung rambut yang pecah secara rutin

 bagaimana cara merawat rambut rusak akibat smoothing

Rambut pecah atau bercabang pada bagian ujung memang masalah yang sering dialami oleh wanita, terutama yang rambutnya sering terkena panas berlebihan dan obat-obatan.

Dengan membuang bagian ujung yang pecah tersebut, ini bisa membantu menumbuhkan ujung baru yang lebih sehat.


Rambut yang sudah di smoothing tentunya harus dirawat dengan baik dan mungkin akan menjadi lebih sensitif daripada biasanya.

Jadi, selalu lakukan perawatan berkala dan teratur agar rambut tetap sehat.