Cara Merawat Wajah

4/5 (1)

Panduan lengkap untuk merawat masalah kulit seperti jerawat, berminyak, dan tampak lebih tua bisa dilakukan dengan beberapa perawatandi bawah ini.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Wajah yang berminyak masih terbilang normal, tetapi apabila produksi minyak tersebut terlalu banyak maka sebaiknya jangan dibiarkan. Selain dapat menimbulkan jerawat, juga membuat penampilan tampak lusuh.

Menurut sejumlah ahli dermatologi, pemicu produksi minyak berlebih pada wajah seseorang bisa disebabkan oleh faktor hormon, aktivitas sehari-hari, udara, pola makan, serta pengaruh keadaan lingkungan sekitar. Jika kamu merasa demikian, maka lakukan tiga hal di bawah ini:

1. Jangan abaikan moisturizer

april skin dear darling water tint

Dikutip dari majalah Cosmopolitan, menurut Dr. Waldorf dan Mattioli, seorang ahli dermatologi di Waldorf Dermatology Aesthetics, Nanuet, New York, salah satu kesalahan terbesar para pasiennya yang memiliki tipe kulit berminyak (oily) adalah melewatkan moisturizer atau pelembab.  

Menurut mereka, menambahkan pelembabmerupakan cara penting untuk menjaga kulit tetap sehat karena dapat mencegah bakteri atau radiasi sinar UV yang dapat mengancam keseimbangan minyak kulit wajah.

Namun, menambahkan pelembab terkadang kurang praktis jika sedang terburu-buru menghadiri acara.

Maka untuk mengatasinya, gunakan April Skin Magic Snow Cushion karena akan memperindah tampilan Anda dari luar lebih cepat dan praktis.

Kandungan 45% air, ekstrak blueberry, dan lidah buaya dalam April Skin Magic Snow Cushion akan menjaga kulit tetap lembab dan cerah dalam waktu bersamaan sehingga Anda tidak memerlukan produk lainnya lagi seperti pelembab.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih detail tentang April Skin, maka bisa lihat videonya berikut ini:

untuk pemesanan bisa langsung hubungi 0822 5727 4578 (What’sApp)

2. Membersihkan wajah 3 kali dalam sehari

cara merawat wajah agar tidak berjerawat

Membersihkan wajah hanya dengan menggunakan air biasa lebih dari tiga kali dalam sehari mungkin tidak akan menjadi masalah.

Namun, ketika menambahkannya dengan berbagai macam produk pembersih, maka kemungkinan besar akan terjadi kerusakan kulit.

Nah, buat kamu yang ingin mencuci wajah ada baiknya menggunakan air dingin atau air es supaya pori-pori kulit mengecil dan menjaga keseimbangan Ph kulit.

Jangan lupa pula mengurangi produk pembersih yang bersifat keras dan mengandung banyak asam salisil supaya kulit tetap sehat dan terhindar dari minyak berlebih.

3. Bahan alami lebih baik untuk merawat kulit berminyak

cara merawat wajah berminyak dan kusam

Masker putih telur merupakan solusi tepat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Kamu bisa membuatnya sendiri dirumah dengan menambahkan campuran lain seperti madu atau tepung beras sehingga menghasilkan tekstur seperti pasta.

Oleskan pada wajah dan tunggu selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas menggunakan air mawar atau air dingin.

Selain berminyak, biasanya masalah setelah itu adalah tiba-tiba timbul jerawat di beberapa titik wajah. Oleh karena itu, perawatan yang sifatnya lebih intens harus dilakukan.

Cara Merawat Wajah Berjerawat

1. Dilarang memenceti jerawat

cara merawat wajah dengan susu beruang

Jangan pernah berpikir untuk memencet jerawat hanya karena ingin mengeluarkan nanah atau lemaknya. Memencet jerawat bisa menimbulkan berbagai masalah seperti infeksi, radang, dan biasanya akan meninggalkan bekas kemerahan yang sulit dihilangkan.

Saat jerawat muncul, hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah mengobatinya. Pada tahap awal, sebagai bentuk pencegahan terhadap radang yaitu mengompres bagian jerawat tersebut menggunakan es batu beberapa menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin yang mengalir.

2. Gunakan minyak bulus

cara menghilangkan flek hitam di wajah secara instan

Minyak bulus merupakan salah satu obat tradisional yang digunakan orang zaman dahulu untuk menyembuhkan belasan penyakit kulit, termasuk jerawat.

Penggunaannya pun terbilang sangat mudah dan sederhana. Nggak percaya? Lihat di sini untuk mengetahui khasiat dan prosedur penggunaannya.

Singkatnya, sebelum menggunakan minyak bulus harus membersihkanmuka terlebih dahulu, barulah setelah itu oleskan minyak bewarna kuning tersebut pada bagian muka yang terkena jerawat dan tunggu 5-10 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin.

Selain minyak bulus, kamu juga bisa mengobati jerawat menggunakan bahan alami dari jenis buah-buahan. Misalnya saja jus lemon, pisang, mentimun, dan pepaya.

3. Hindari makanan berlemak dan berprotein tinggi

cara merawat wajah dengan oatmeal

Sewaktu wajah sudah terkena jerawat, maka saat itu pula kamu harus lebih selektif memilah makanan yang hendak dikonsumsi.

Sebisa mungkin, hindari makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi seperti daging sapi, telur, ayam potong, dan gantilah dengan ikan yang kaya omega-3.

Tidak cukup di situ, wajah berjerawat juga perlu perawatan yang khusus dari dalam untuk mendetoks penyebab munculnya bisul merah tersebut.

Misalnya, mulai memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan segar serta tidak pernah absen minum air putih yang cukup.

Dua jenis perawatan wajah sepertinya belum cukup kalau tidak dibarengi dengan mempertahankan kulitnya. Dengan kata lain, saat muncul masalah-masalah kulit seperti di atas, maka kemungkinan juga berdampak pada kondisi tampilan wajah di waktu mendatang, seperti adanya penuaan dini.

Nah, agar tidak terjadi hal itu, maka perawatan kulit berikutnya ini tidak boleh dilewatkan.

Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tetap Awet Muda

1. Mencuci wajah sebelum tidur dan hindari begadang

cara merawat wajah dengan lidah buaya

Awal mula kulit wajah cepat menua kebanyakan terjadi karena seseorang malas mencuci dan membersihkannya sebelum tidur serta ditambah dengan aktivitas kerap begadang.  

Padahal saat waktunya istirahat, kulit bekerja persis seperti organ tubuh lainnya yang melakukan regenerasi sel.

Jika terbiasa terjaga pada malam hari, maka kulit wajah otomatis tampak layu, kusam, dan muncul banyak keriput di sekitar mata.

Hal ini tidak hanya menimpa orang dewasa di atas usia 30 tahun, tetapi juga pada wanita muda di bawah 25 tahun.

Oleh karenanya, untuk merawat kulit agar tetap awet muda harus mengurangi kebiasaan begadang dan rajin mencuci muka sebelum tidur.  

2. Membiasakan hidup sehat

cara merawat wajah dengan madu

Gaya hidup sehat dimulai dari rajin berolahraga setiap hari, makan makanan bergizi, hingga mengurangi stress. Olahraga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena dengan adanya berbagai macam gerakan yang dilakukan tentu menghasilkan keringat dan secara langsung racun dikeluarkan dari dalam tubuh.

Lebih dari itu, kulit pun juga bakal tampak lebih segar serta kencang.

Sementara makanan bergizi akan melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam membentuk pertahanan terhadap sejumlah penyakit, termasuk pada kulit.

Dalam hal ini, konsumsi gula berlebih juga sebaiknya dihentikan karena dapat menghancurkan kolagen sehingga membuat kulit cepat kering.

Sedangkan, mengurangi stress akan membuat wajah tampak lebih ringan dan berseri. Jadi, tidak ada salahnya untuk merawat wajah agar tetap awet muda, minimal harus berjuang mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur.

3. Rajin melakukan perawatan alami sendiri

cara merawat wajah dengan viva

Melakukan serangkaian perawatan kulit wajah tidak harus mengeluarkan banyak uang. Bahkan hanya bermodalkan belasan ribu rupiah pun, kamu masih bisa membuat berbagai macam bahan perawatan kulit secara alami supaya wajah tetap lembab, kencang, natural, dan tidak terdapat garis-garis keriput.

Perawatan yang bisa kamu buat antara lain, masker pepaya, masker bengkuang, mangga, dan sejenisnya. Kemudian hindarilah penggunaan makeup karena ingin bereksperimen atau sekadar mengikut tren, karena jenis kulit tiap orang berbeda.

Akan lebih bagus lagi kalau menggunakan makeup yang sudah cocok dengan tipe kulit masing-masing, sehingga tidak terjadi peradangan atau pun hal buruk lainnya.

Perawatan kulit wajahyang baik adalah perawatan secara totalitas dan menyeluruh. Tidak berhenti sebelum benar-benar mendapatkan hasil yang sesuai serta lihai dalam mengurus kuit diri sendiri.

So, pastikantidak perlu ada kata menyerah dan merasa ribet kalau belum mencobanya.

Please rate this

Leave a Comment