Cara Menghilangkan Jerawat

Pernahkah Kamu memiliki masalah dengan jerawat? Pasti pernah ya, jerawat yang muncul pada wajah memang menyebalkan.

Karena membuat penampilan Kamu tidak percaya diri.

Belum lagi ditambah dengan warnanya yang mencolok dan bekasnya membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya.

Jerawat biasanya berupa benjolan yang disebabkan penyumbatan atau peradangan pada pori-pori yang terjadi pada kulit dan disertai nanah dan darah.

Disebabkan oleh infeksi dari pacne, pola makan yang tidak teratur, ketidakstabilan hormon, produksi minyak berlebih pada wajah, dan lain sebagainya.

Bagi Kamu yang memiliki masalah dengan wajah yang berjerawat dan ingin sekali mencoba cara menghilangkan jerawat dengan cepat tanpa sentuhan obat-obat kimia.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia disekitar Kamu.

Disini Saya memberikan 30 cara tapi masing-masing cara memiliki dampak negatif untuk beberapa jenis kulit.

Jadi dari pada kamu nanti salah pilih cara yang pas buat jenis kulit Kamu, saya mau ngasih 1 langkah yang paling Saya REKOMENDASIIN karena cocok buat semua jenis kulit + efektif buat ngilangin jerawat.

Cuman, dengan cara ini Kamu harus rela merogoh sedikit dalam ke kantong Kamu (sis harus beli 1 produk), Saya yang jadi saksi nyatanya! anggap saja REVIEW POSITIF sebuah produk kecantikan dari saya untuk Kamu & SEKALIGUS ajakan ke Kamu untuk menggunakan juga.

Langkah yang satu ini juga udah dicoba oleh banyak wanita & hasilnya wajah yang penuh bentol-bentol kayak abis di sengat tawon jadi mulus + makin putih. Kalau mau tau apa 1 langkah utama itu silahkan KLIK >>>Pengalaman Luar Biasa Hilangkan Jerawat<<<

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Pasta gigi

cara menghilangkan jerawat di punggung

Kamu memiliki masalah dengan jerawat? Tenang saja, Kamu bisa menghilangkannya dengan bahan alami yang tersedia disekitar Kamu yaitu pasta gigi.

Kandungan seperti hidrogen peroksida, fluoride,dan triclosan pada pasta gigi dapat membuat jerawat pada wajah Kamu kering dan juga mengurangi peradangan.

Cara pemakaiannya:

  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan pasta gigi pada area wajah yang berjerawat secukupnya.
  • Diamkan kurang lebihnya 2 jam atau lebih.
  • Bilaslah menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan handuk yang bersih.
  • Catatan: Bagi Kamu yang memiliki kulit sensitif, maka gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride yang rendah atau jika tidak gunakanlah pasta gigi dengan kandungan bahan organik.

Tapi perlu diingat pasta gigi memiliki dampak buruk terutama buat kamu yang memiliki kulit sensitif. Walau kamu sudah menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, kemungkinan kulit kamu akan kering, terus kandungan alkohol yang ada pada pasta gigi tersebut menyebabkan pori-pori kamu membesar hingga memudahkan bakteri masuk kedalam kulit kamu.

Saya kurang merekomendasiakan cara ini, karena memiliki banyak resiko. Mending kamu langsung lompat ke cara yang ke 5 dan 23 yang sudah saya gunakan dan terbukti hasilnya wajah saya semakin bersih dan bebas dari jerawat.👇🏻

2. Jeruk nipis

cara menghilangkan jerawat golongan darah a

Bila Kamu hanya memiliki jeruk nipis dirumah, jangan berkecil hati karena jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat loh.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis
  • Tekan jeruk nipis dengan cara mengguling-gulingkan, kemudian potonglah menjadi 2 bagian dan peraslah
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan air dan sabun pencuci muka, kemudian keringkan dengan handuk bersih.
  • Oleskan pada area wajah Kamu yang berjerawat.
  • Tunggu selama 15 menit
  • Kemudian bilaslah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Tapi kamu harus berhati-hati, kandungan asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis bisa menyebabkan rasa perih di jerawat yang terbuka bahkan iritasi terutama buat Kamu yang memiliki kulit sensitif.

3. Bawang putih

cara menghilangkan jerawat flek hitam dan memutihkan wajah

Senyawa thiacremonon sulfur dan allicin yang terkandung dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik yang berfungsi menghilangkan berbagai macam bakteri-bakteri penyebab jerawat pada wajah Kamu.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan bawang putih secukupnya dan haluskan terlebih dahulu.
  • Bersihkan wajah Kamu menggunakan air bersih dan sabun pencuci muka, Kemudian keringkan menggunakan handuk bersih.
  • Oleslah bawang putih yang telah dihaluskan pada area wajah yang berjerawat.
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Bawang putih memang cara tercepat menghilangkan jerawat tapi, Kamu harus tahu kalau jerawat yang dihilangkang dengan menggunakan bawang putih akan memberikan bekas berupa flek hitam di wajah. For your info nih, lebih gampang menghilangkan jerawat dibandingkan flek hitam. Makanya saya lebih sering menghindari cara ini, mendirng jerawatan deh dari pada muka timbul corak-corak abstrak yang susah banget diilangin.

Dari pada wajah Kamu malah jadi gak karuan, mending Kamu baca >>>Pengalamanku Menghilangkan Jerawat  100% Berhasil<<<

4. Madu dan masker alpukat

cara menghilangkan jerawat gajah

Kombinasi antara 2 bahan alami tersebut sangat cocok untuk mengatasi wajah Kamu yang berjerawat.

Bahan yang terkandung dalam madu yang biasa dikenal dengan hidrogen peroksida bersifat antibakteri.

Kemudian, alpukat juga mengandung vitamin E yang berguna mengurangi peradangan pada kulit wajah Kamu.

Cara pemakaiannya:

  • Ambillah daging pada buah alpukat dan tempatkanlah pada wadah yang bersih.
  • Haluskan daging buah alpukat.
  • Tambahkan satu sendok madu, kemudian aduklah hingga merata.
  • Kamu bisa juga menambahkan perasan lemon.
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Kemudian aplikasikan madu dan masker alpokat ini pada wajah Kamu kemudian oleskan pada area yang berjerawat.
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilaslah menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Saya sih jarang menggunakan cara ini. Selain harga bahan-bahannya mahal, saat ini susah menemukan madu asli. Saya membeli madu untuk menggunakan cara ini tapi malah berakhir tragis huhuhu…. padahal madu yang saya beli lumayan mahal, tapi ternyata sudah di campur bahan-bahan lain yang tidak cocok dengan kulit saya.

5. Lidah buaya

cara menghilangkan jerawat gatal

Cara menghilangkan wajah secara alami selanjutnya adalah menggunakan tanaman lidah buaya.

Kaya akan kandungan zat aktif yang dinilai ampun untuk menghapus jerawat yang betah di wajah Kamu.

Seperti, hormon giberalin dan polisakarida yang berfungsi membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.

Menurut penelitian zat ini dapat bereaksi dengan baik untuk semua jenis kulit loh, bahkan buat Kamu yang memiliki kulit sensitif. Dalam sekejab wajah kamu akan kembali mulus tanpa meninggalkan noda hitam di wjah.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan lidah buaya secukupnya dan potonglah menjadi 2 bagian agar mudah untuk mengambil gel dalam lidah buaya tersebut.
  • Potonglah bagian samping lidah buaya yang memiliki duri.
  • Potonglah bagian atas untuk mengambil gelnya dan menampungnya pada wadah yang bersih.
  • Haluskan gel lidah buaya tersebut menggunakan garpu atau sendok hingga halus.
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Ambil gel lidah buaya yang sudah halus dan oleskan pada area wajah yang ditumbuhi jerawat.
  • Diamkan selama 3-5 menit.
  • Bilaslah dengan air dingin.

Yups Cara ini merupakan cara yang telah berhasil ngatasin jerawat saya yang sudah menahun.
Tapi cara pakainya memang ribet + Lidah buaya memiliki aroma yang sedikit tidak sedap. Selain Kamu harus mencuci wajah sebelum menggunakannya, Kamu juga harus menghaluskannya terlebih dahulu karena zat aktifnya akan lebih bekerja ketika dalam keadaan sudah menjadi cair (bukan Gel).

Dari pada ribet, saya mau rekomendasiin produk yang memiliki kandungan yang sama dengan Aloevera bahkan sudah di kombinasikan dengan Black Charcoal sehingga dapat dengan mudah menghilangkan semua jerawat yang ada di wajah kamu. Saya sudah buktikan dan hasilnya wajah saya kini MAKIN PUTIH, BERSIH DARI MINYAK + BEBAS JERAWAT, Yuk KLIK >>> Pengalaman saya ngilangin semua jerawat dengen Aman dan Mudah<<<

6. Es batu

cara menghilangkan jerawat gatal dan bernanah

Kamu bisa juga memanfaatkan es batu untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Es batu memiliki fungsi untuk menetralkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit wajah Kamu.

Cara pemakaiannya:

  • Pastikan air untuk menjadi bahan dasar pembuatan es batu steril atau bebas dari kuman.
  • Bungkuslah es batu secukupnya menggunakan kain bersih.
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Usap dan diamkan pada area wajah yang berjerawat selama beberapa detik.
  • Ulangilah cara tersebut hingga beberapa kali.
  • Lakukanlah perawatan secara rutin agar jerawat mengempis.

Es batu emang sangat cocok buat meredakan peradangan tapi, bila kamu terlalu sering pakai cara ini, kulit kamu akan terasa kering dan sensitif terhadap sinar matahari.

7. Tomat

cara menghilangkan jerawat flek hitam dan bekas jerawat

Tomat dikenal dengan akan kesegarannya karena mengandung banyak air.

Selain itu, tomat juga dapat digunakan sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat karena kandungan vitamin A dan C yang dinilai ampuh mengusir jerawat.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan 1 buah tomat segar kemudian iris tipis secukupnya
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Tempel irisan tipis dari tomat pada area wajah yang berjerawat

Buat Kamu yang menggunakan cara ini, kayaknya kamu harus sabar soalnya cara ini membutuhkan waktu yang lama + pemakaian yang rutin, kalau tidak, ya selamat datang kembali para pasukan bentol jerawat Kamu hehehe….
Mending kamu coba cara ke 5 diatas deh biar jerawat kamu cepet-cepet minggat.

8. Minyak zaitun

cara menghilangkan jerawat golongan darah o

Minyak zaitun juga memiliki khasiat untuk menenangkan terjadinya peradangan pada wajah Kamu yang berjerawat.

Selain itu, dapat juga melembabkan kulit sehingga dapat menyeimbangkan sebum yang diproduksi.

Bila Kamu mengaplikasikan minyak zaitun secara rutin maka bekas jerawat akan memudar.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkanlah minyak zaitun yang asli kemudian hangatkan sebentar
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan pada wajah Kamu yang berjerawat dengan memberikan gerakan memijat selama beberapa menit
  • Diamkan minyak zaitun hingga semalaman
  • Bilaslah wajah Kamu menggunakan air bersih

Minyak zaitun yang asli memang mudah di dapatkan dan penggunaannya juga mudah tapi, buat Kamu yang memiliki wajah berminyak, cara ini memiliki resiko karena kulit berminyak Kamu akan semakin lepek sehingga memungkinkan kuman penyebab jerawat berkembang dengan baik.

9. Daun pepaya (sayuran)

cara menghilangkan jerawat dengan gold g

Selain buahnya, daun pepaya juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan jerawat.

Kerena mengandung senyawa karpin yang mempunyai efek antimikroba dan juga antiprotozoa.

Cara penggunaannya:

  • Siapkan daun pepaya secukupnya kemudian cucilah terlebih dahulu hingga bersih
  • Keringkan dibawah sinar matahari yang terik
  • Tumbuklah daun pepaya hingga halus,
  • Kemudian, tambahkan air secukupnya hingga membentuk pasta
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan pada wajah Kamu dan diamkan selama 30 menit
  • Bilaslah menggunakan air hangat

Kalau menurut saya sih cara ini kurang menjanjikan. Saya sendiri belum pernah menggunkanan cara ini tapi menurut pengalaman beberapa narasumber yang saya dapat, cara ini akan sedikit mengurangi kelembapan wajah Kamu. FYI tingkat kelembapan kulit yang kurang pas dapat memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

10. Mentimun

cara menghilangkan jerawat cepat dan ampuh

Selain sebagai sayuran yang dapat dijadikan untuk pelengkap hidangan, mentimun juga memiliki khasiat lain yaitu untuk mengatasi masalah wajah jerawat.

Kandungan dalam mentimun sangat kaya akan antioksidan, asam amino, vit C, dan mineral yang berfungsi mengeluarkan racun dalam tubuh Kamu.

Selain itu membantu melembabkan kulit agar terlihat lebih segar.

Cara pemakaiannya:

  • Potonglah mentimun menjadi bagian-bagian yang sesuai secukupnya.
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Aplikasikan pada area wajah Kamu yang berjerawat
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilaslah menggunakan air hangat.

Timun memiliki kandungan yang hampir serupa dengan lidah buaya jadi sayuran 1 sangat cocok untuk menghilangkan jerawat. Tapi jika saya di suruh milih mana yaang lebih baik Timun Vs Lidah buaya, saya akan lebih memilih lidah buaya

11. Lemon

cara menghilangkan jerawat cara sederhana

Kandungan asam askorbat-L dalam lemon berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah Kamu yang bermasalah dengan jerawat dan juga mempunyai khasiat membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat.

Selain itu, lemon juga berfungsi untuk mencerahkan dan menghilangkan noda-noda pada wajah Kamu.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan 1 buah lemon
  • Tekan lemon dengan cara mengguling-gulingkan, kemudian potonglah menjadi 2 bagian.
  • Peraslah lemon dengan hati-hati
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan air dan sabun pencuci muka, kemudian keringkan dengan handuk bersih.
  • Oleskan pada area wajah Kamu yang berjerawat.
  • Tunggu selama 15 menit, kemudian bilaslah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan ini secara rutin selama 1x sehari.

Sama seperti jeruk nipis, Kamu yang memiliki kulit sensitif sangat tidak disarankan menggunakan cara ini karna bisa bikin wajah terasa panas + iritasi pada kulit.

Makanya saya lebih suka menggunakan >>> Cara yang AMAN, TIDAK PERIH/SAKIT, & LUMAYAN CEPET yang sudah saya bahas di artikel ini <<< (Meskipun jadi agak ngeluarin uang).

12. Putih telur

bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung

Kandungan enzim lysozim pada putih telur dapat mengecilkan pori-pori serta mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah Kamu.

Cara penggunaan:

  • Siapkan putih telur dari satu butir telur serta jeruk nipis
  • Kocoklah putih telur hingga mengembang kemudian tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Aplikasikan sebagai masker wajah alami secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilaslah wajah Kamu menggunakan air hangat

Saya sering menggunakan cara ini loh, tapi cara ini lebih cocok untuk menghilangkan komedo + kotoran di wajah. Untuk mengurangi jerawat kamu harus sering-sering menggunkannya + harus tahan sama baunya. Tapi ingat kalau kamu memiliki alergi terhadap telur JANGAN sekali-kali menggunakan cara ini ya hehehehe……

13. Daun sirih

cara menghilangkan jerawat cepat dan alami

Kaya akan anti-oksidan menjadikan daun sirih menjadi bahan alami yang tepat untuk mengatasi wajah berjerawat Kamu.

Selain itu, daun sirih juga bersifat antibakteri yang dapat ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan daun sirih secukupnya kurang lebihnya 10 dan 1 gelas air hangat dan sedikit garam halus
  • Tumbuklah daun sirih tersebut hingga halus
  • Tuangkan air hangat ke dalam tumbukan daun sirih tersebut
  • Diamkan sampai air berubah menjadi hijau
  • Saringlah dan campurkan dengan sedikit garam halus
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Aplikasikan ramuan daun sirih tersebut pada area wajah yang berjerawat, pastikan wajah Kamu telah dibersihkan terlebih dahulu
  • Diamkan selama 1 jam
  • Bilaslah emnggunakan air bersih

14. Garam

cara menghilangkan jerawat cepat dan mudah

Memiliki keluhan dengan wajah berjerawat? Kamu bisa mencoba cara mengempaskan jerawat menggunakan garam.

Kandungan vitamin dan mineral pada garam dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah Kamu dan membantu menyembuhkan jerawat yang timbul.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan garam dan air panas secukupnya
  • Larutkan garam tersebut pada air panas hingga suhunya turun
    Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Celupkan bola kapas pada larutan garam tersebut dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat
  • Diamkan selama kurang lebihnya 10 menit
  • Bilaslah menggunakan air bersih

Catatan: sebaiknya ketika mendiamkan larutan garam tersebut pada wajah Kamu jangan sampai lebih dari 10 menit karena dapat menyebabkan kulit wajah kering. Bahaya juga ya…..

15. Cuka apel

penyebab dan cara menghilangkan jerawat batu

Cuka apel memiliki kandungan asam ringan yang dapat mengontrol produksi pada minyak kulit dan juga berfungsi sebagai astringent.

Selain itu, juga dapat berfungsi untuk membersihkan kulit wajah dari bakteri-bakteri penyebab jerawat.

Cara penggunaan:

  • Siapkan cuka apel dengan air secukupnya.
  • Larutkan cuka apel dalam air.
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan larutan cuka apel tadi pada area yang berjerawat menggunakan bola kapan yang steri
  • Diamkan selama beberapa menit dan bilaslah dengan air

Perlu diingat, Cuka Apel memiliki aroma yang sangat masam, saya sih gak suka sama aromanya, mirip kayak ketiak yang sudah seminggu gak mandi hehehe….

Makanya mending Kamu Scroll keatas lagi cari cara yang kelima. Saya saksi nyata kalau cara itu berhasil menghilangkan semua jerawat saya.

16. Kunyit

bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan tomat

Kunyit berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu pemulihan sel-sel kulit baru dengan cepat pada wajah Kamu.

Cara pemakaian:

  • Siapkan bubuk kunyit dengan air secukupnya kemudian campurkan
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan pada area wajah Kamu ynag berjerawat
  • Diamkan selama 15 menit
  • Kemudian bilaslah dengan air bersih

Jangan terlalu lama membiarkan masker Kunyit di wajah karena bisa meyebabkan wajah Kamu menguning. yang ada bukannya tambah cantik malah jadi kaya alien sis hehehe…..

17. Jahe

bagaimana cara menghilangkan jerawat kecil

Selain untuk mencegah terjadinya jerawat, jahe juga memiliki kegunaan menghilangkan jerawat yang membandel.

Ini dikarenakan jahe mengandung enzim zingibain, gingerol, dan shogaol.

Cara pemakaiannya:

  • Ambillah jahe secukupnya dan cucilah sampai bersih
  • Tumbuklah jahe hingga menjadi halus
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan jahe yang telah ditumbuk pada bagian yang berjerawat
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilaslah menggunakan air hangat

Jahe terkenal karena manfaat detoksifikasi yang bisa mengeluarkan banyak keringat dari dalam tubuh sehingga berbagai pengendapan dalam tubuh dan juga kulit lebih sehat.

Akan tetapi, saat diaplikasikan ke area wajah sebagai masker, maka efek samping yang ditimbulkan adalah rasa seperti terbakar pada kulit yang terjadi karena sifat penghangat alami dalam jahe. Hal ini akan semakin parah untuk pemilik kulit yang sensitif.

18. Kopi

cara menghilangkan jerawat cara alami

Jangan salah kopi yang biasa Kamu sajikan sebagai minuman utama dalam hidangan Kamu, juga memiliki kegunaan untuk mengatasi masalah jerawat.

Kopi mempunyai kandungan antioksidan seperti flavanoid dan polifenol yang ampuh mencegah berbagai serangan radikal-radikal bebas yang berpotensi menjadi penyebab timbulnya jerawat yang membandel.

Cara penggunaan:

  • Sediakan bubuk kopi murni secukupnya pada wadah yang bersih
  • Campurkan dengan air secukupnya hingga terlihat seperti gel
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan pada area wajah Kamu yang berjerawat secara merata
  • Diamkan selama beberapa menit hingga sedikit mengering
  • Bilaslah menggunakan air bersih

Meskipun terbuat dari bahan alami, namun tidak menutup kemungkinan penggunaan masker kopi dapat saja memicu reaksi alergi pada sebagian orang yang sensitif. Sebelum menggunakannya sebaiknya lakukan tes alergi dengan mengoleskan sedikit masker pada area kulit yang tersembunyi (misalnya di leher), diamkan selama 15 menit dan amati reaksi yang timbul.

Jika ada reaksi alergi semisal gatal, kemerahan atau bengkak pada kulit sebaiknya segera cuci bersih sisa masker dan jangan digunakan lagi.

19. Soda Kue

cara menghilangkan jerawat female daily

Bukan hanya berfungsi sebagai pengembang kue, bahan alami satu ini juga memiliki kegunaan untuk menghilangkan jerawat hingga bekas jerawat.

Soda kue, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah Kamu.

Cara pemakaiannya:

  • Ambillah soda kue secukupnya dan campurkan pada air hangat secukupnya
  • Aduklah hingga merata
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan pada area wajah Kamu yang berjerawat
  • Diamkan selama 15 sampai 20 menit
  • Bilas dan bersihkan wajah menggunakan air hangat

Namun tidak sama dengan jenis perawatan lainnya, penggunaan soda kue cukup dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Perlu diketahui bahwa penggunaan soda kue untuk menghilangkan bekas jerawat bukanlah jenis soda kue yang dijual pasaran atau di mini market, melainkan tipe food grade.

Jenis tersebut biasanya dijual terpisah dan dalam bentuk kiloan, kemasan karung, dan masih alami. Makanya, tak heran kalau masih banyak yang menggunakan baking soda dan jeruk nipis tetapi bekas jerawat tidak kunjung hilang karena kesalahan dalam memilih Soda kue.

BTW, Dari pada Kamu kejebak sama soda kue yang salah, kamu lebih baik menggunakan lidah buaya. Tapi kalau gak mau ribet nyari lidah buaya + mengolahnya, >>>langsung aja baca review produk yang saya sudah beneran pake & rekomendasikan ke kamu<<<

20. Air Hangat

cara menghilangkan jerawat efek kb

Untuk Kamu yang tidak ingin ribet mencari bahan alami penghilang jerawat pada pipi Kamu.

Gunakan saja air hangat, karena dapat membantu untuk membuka pori-pori wajah Kamu yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat Kamu yang membandel.

Cara penggunaan:

  • Siapkan air hangat ngilu kuku secukupnya
  • Basuhlah pada wajah Kamu dengan perlahan-lahan
  • Bilaslah dengan air dingin yang bertujuan menutup pori-pori pada kulit wajah

Yang perlu Kamu tahu, air hangat tidak membunuh kuman penyebab jerawat tetapi hanya membantu agar kulit wajah kamu dapat bernafas (sirkulasi udara lancar).

21. Minyak Kayu Putih

cara menghilangkan jerawat edit photoshop

Minyak kayu putih memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membunuh bakteri pada permukaan wajah yang ditumbuhi jerawat dan membantu meredakan bengkak warna merah pada jerawat yang telah meradang.

Cara pemakaian:

  • Bersihkan wajah Kamu dengan air dan sabun pembersih kemudian keringkan menggunakan handuk yang bersih
  • Ambillah minyak kayu putih dan oleskan pada bagian yang berjerawat misalnya bagian hidung, maka oleskan bagian hidung menggunakan cotton bud
  • Diamkan hingga mengering
  • Oleskan kembali 2-3 kali jika minyak kayu putih mengering

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kulit tapi, kayu putih sendiri secara umum dapat menyebabkan asma, rinitis alergi dan konjungtivitis alergi. Pemakaian atau reaksi alergi ini belum diketahui secara pasti apa efek sampingnya pada ibu hamil maupun ibu menyusui. Namun pemakaian secara berlebihan minyak kayu putih atau menghirup serbuk sarinya sebaiknya dihindari.

22. Bengkoang

cara menghilangkan jerawat efek pemutih

Bila Kamu memiliki masalah dengan jerawat batu yang timbul di bagian dagu Kamu.

Tenang saja Kamu bisa mencoba cara menghilangkan jerawat batu menggunakan bahan alami satu ini yaitu bengkoang.

Karena mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah Kamu seperti folat, thiamin, pentotenant, dan ribloflavin.

Selain itu, bengkoang juga dapat berfungsi menghilangkan flek hitam dan menyamarkan bekas jerawat yang membandel.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan buah bengkoang kemudian kupas sampai bersih
  • Cucilah sampai bersih
  • Parut atau blender bengkoang hingga halus kemudian campurkan air secukupnya
  • Peras parutan dari bengkoang
  • Endapkan sari yang dihasilkan kurang lebih semalaman
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan endapan yeng terbentuk dari sari bengkoang tersebut ke seluruh bagian jerawat pada wajah Kamu
  • Diamkan selama 1-2 jam
  • Bilaslah menggunakan air bersih

Karena cara buatnya yang ribet saya jarang menggunakan cara ini sis. Karena kesibukan saya, makanya saya lebih suka menggunakan cara yang praktis + aman untuk mengatasi jerawat saya. Salah satunya cara yang ada di bawah ke duapuluh tiga ini loh👇🏻

23. Argan Oil

cara menghilangkan jerawat dengan ever e

Pernahkah Kamu mendengar nama argan oil? Sepertinya masih terdengar asing ya, namun jangan salah argan oil ternyata telah dipercaya menjadi minyak yang memiliki khasiat menghiangkan jerawat.

Selain itu kandungan nutrisinya pun melimpah karena dihasilkan langsung dari alam yang merupakan hasil ekstraksi dari biji pohon argan.

Kandungannya berupa asam lemak esensial, asam oleat, asam linoleat dan vitamin E, yang juga berguna membantu melawan kerusakan kulit dan menjaga pori-pori kulit wajah menjadi bersih.

Cara pemakaiannya:

  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan air dan sabun pencuci muka, kemudian keringkan menggunakan handuk bersih
  • Oleskan minyak argan dalam jumlah yang kecil pada wajah Kamu yang berjerawat, ini berguna untuk mengetahui reaksi wajah apakah cocok atau tidak dengan kandunngan dari argan oil
    Jika hasilnya aman, maka Kamu bisa mengaplikasikannya pada seluruh bagian di badan Kamu yang berjerawat seperti punggung atau area wajah Kamu
  • Untuk hasilnya jerawat tidak bisa menghilang dengan cepat dalam 1 hari, namun dibutuhkan waktu setidaknya 2 minggu setelah pemakaian.
  • Agar hasil lebih maksimal Kamu bisa mengaplikasikannya selama 2 kali sehari pada kulit Kamu yang berjerawat

Nah ini juga salah satu cara yang saya rekomendasiin buat kamu, Saya sudah menggunakannya dan hasilnya sangat memuaskan, tapi….

Argan oil mahal sis, makanya saya cuman pakai cara ini sementara aja, kantongnya tidak memadai hehehe…, akhirnya saya nyari Skin Care yang mengandung bahan ajaib ini. Ternyata gak banyak skin care yang mengandung Argan oil, mungkin karena bahan bakunya terlalu mahal tapi, saya mendapatkan 1 produk yang ada kandungan argannya. Yuks baca >>>pengalaman saya menghilangkan jerawat menahun<<

24. Air Beras

jenis dan cara menghilangkan jerawat

Sebelum menjadi nasi, beras mentah dicuci dengan bersih dan menyisakan air bekas cucian beras atau biasa yang disebut air beras.

Namun, jangan Kamu buang dulu karena air beras pun ada manfaatnya loh apalagi bagi Kamu yang memilki masalah dengan wajah yang berjerawat.

Kamu bisa menggunakan air beras untuk menghilangkan jerawat Kamu.

Ini karena zat alami yang terkandung dalam air beras seperti vitamin B1, vitamin C, vitamin E dan oryzanol yang berfungsi mengobati peradangan, membunuh bakteri penyebab jeraway dan membersihkan wajah dari produksi minyak berlebih.

Cara pemakaian:

  • Siapkan kurang lebihnya 100 gram beras, kemudian cuci sebentar untuk menghilangkan berbagai debu dan kotoran dalam beras
  • Tempatkan beras pada baskom, kemudian tambahkan air kurang lebihnya 500 ml
  • Aduk-aduklah beras dengan alat pengaduk yang bersih
  • Diamkan selama kurang lebihnya 1 jam agar nutrisi beras masuk ke dalam air
  • Kemudian tiriskan air dari beras dan air beras siap Kamu gunakan
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Siramkan air beras ke wajah Kamu dengan perlahan-lahan secara merata
  • Diamkan hingga air beras meresap dan mengering di wajah Kamu

Karena proses pembuatannya yang memerlukan waktu yang lamaaaaaaa banget saya belum menggunakan cara ini. Pernah mau coba tapi karena terlalu sibuk jadi gak sempet buat merendam berasnya.

25. Pepaya

cara menghilangkan jerawat es batu

Buah satu ini juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat karena mengandung enzim papain yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah Kamu.

Selain itu, kandungan antioksidannya juga mampu mengatasi kulit kemerahan dan peradangan yang ditimbulkan oleh jerawat.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan buah pepaya yang matang secukupnya kemudian potong dadu.
  • Haluskan potongan tersebut hingga seperti bubur.
  • Tambahkan 1 sdm madu atau lemon.
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Aplikasikan pada area wajah Kamu yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit.
  • Bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Buat kamu yang bisa sabar menunggu prosesnya sih silahkan gunakan cara ini, tapi kalau saya sih tidak suka menggunakan cara yang membuang-buang waktu karena aktifitas saya yang segudang hehehe….

26. Yogurt plain

cara menghilangkan jerawat es

Selain jerawat batu yang mengusik kecantikan wajah Kamu ada satu lagi jenis jerawat yang apabila muncul tentunya membuat penampilan Kamu kurang percaya diri yaitu jerawat pasir.

Biasanya muncul di dahi, pipi, dan punggung.

Jerawat satu ini mempunyai ukuran yang terbilang kecil-kecil namun jumlahnya banyak seperti bruntusan.

Untuk cara menghilangkan jerawat pasir Kamu bisa menggunakan yogurt plain yang merupakan sejenis yogurt yang tanpa mempunyai rasa sehingga cocok sekali digunakan untuk masker pada wajah ataupun lulur.

Cara pemakaiannya:

  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Oleskan yogurt plain pada area wajah Kamu yang berjerawat
  • Diamkan selama beberapa menit hingga meresap pada wajah Kamu
  • Bilaslah dengan menggunakan air bersih

Tapi sis, untuk mendapatkan hasil terbaik, Kamu harus mengkombinasikan Yogurt dengan salah satu facewash terbaik yang saya temukan. nah buat yang belum tahu, facewashnya apa Silahkan KLIK >>>Mana sih facewash yang bisa ngilangin jerawat?<<<

27. Air Kelapa

cara menghilangkan jerawat dengan natur e

Air kelapa juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat karena kandungan mineral yang terkandung dapat melindungi dan menghindari kulit dari penyebab jerawat.

Selain itu, dapat juga mengurangi peradangan dan memudarkan noda bekas jerawat yang membandel.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan air kelapa dan kapas steril secukupnya
  • Rendamlah kepas steril dalam air kelapa
  • Peraslah kapas tersebut
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih
  • Oleskan pada seluruh bagian wajah
  • Diamkan selama semalaman
  • Bilaslah dengan menggunakan air bersih keesokan harinya

Mengingat penggunaannya yang membutuhkan waktu semalaman, saya hanya sekali menggunakan cara ini. Dan hasilnya kurang baik.

Saya tipikal wanita yang Player sleep, jadi waktu tidur suka gerak-gerak gitu, nah pas bangun bantal & kasur saya jadi korban bau air kelapa di mana-mana hehehe…..

28. Kayu Manis dan Madu

cara menghilangkan jerawat foto di photoshop

Kombinasi yang bagus sekali ya antara kayu manis dan madu.

Madu memiliki manfaat untuk membunuh bakteri.

Sedangkan kayu manis memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menyembuhkan luka pada jerawat.

Cara pemakaiannya:

  • Sediakan 1 sendok the kayu manis bubuk dan 1 sendok the madu
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga seperti pasta
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah Kamu yang berjerawat
  • Diamkan semalaman dan bilaslah pada keesokan harinya

Sama seperti cara ke 4, saya tidak berani menggunakan cara ini karena sangat sulit mencari madu yang benar-benar murni + kayu manis punya effek membuat kulit sedikit kering bahkan bila terlalu lama didiamkan di wajah bisa bikin wajah pecah-pecah😱.

29. Minyak Essensial Papermint

cara menghilangkan jerawat faktor keturunan

Kegunaannya dapat mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat kemudian dapat juga membersihkan infeksi yang disebabkan oleh timbulnya jerawat.

Cara pemakaian:

  • Siapkan minyak essensial peppermint secukupnya dan 1 sendok the minyak vitamin E
  • Campurkan kedua bahan tersebut
  • Bersihkan wajah Kamu terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka dan keringkan dengan handuk yang bersih
  • Oleskan secara langsung pada area yang berjerawat
  • Diamkan selama beberapa jam dan oleskan kembali hingga jerawat sembuh dari lukanya

Itulah pembahasan mengenai 29 Cara menghilangkan jerawat secara alami, Kamu tidak perlu mengapikasikan semua bahan alami pada wajah Kamu.

Kamu hanya perlu memilih salah satu bahan yang cocok untuk kulit Kamu.

Nah dari pada Kamu Salah milih cara mana yang lebih cocok buat kamu aplikasikan. Saya mau menawarkan 1 cara yang sudah terbukti COCOK buat SEMUA JENIS KULIT + Terbuki AMPUH mengatasi MASALAH JERAWAT. KLIK >>>disini buat tau apa caranya<<<

Mahasiswi di salah satu universitas di kota Suci. Tertarik dengan kecantikan dan fashion sejak umur 15 tahun. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang jadi penulis tetap di wajahkorea.com. Add me on facebook Savira Dewi.

CLOSE