Perbedaan Smoothing dan Rebonding

Smoothing dan rebonding memang sering dianggap sama karena menghasilkan rambut yang lurus pada kedua jenis perawatan tersebut.

Jika Anda habis melakukan perawatan pelurusan rambut, maka orang lain juga akan sulit membedakan jenis perawatan mana yang telah Anda jalankan, apakah smoothing ataukah rebonding.

Padahal kedua pelurusan rambut tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Salah satu perbedaan smoothing dan rebonding rambut bisa dilihat biaya yang dibutuhkan, hasil yang didapatkan, daya tahan, waktu pengerjaan, dan lain-lain.

Berbagai Perbedaan Smoothing Dan Rebonding Rambut

1. Dari jenis rambut awal

perbedaan harga smoothing dan rebonding

Smoothing dilakukan pada rambut yang sebelumnya sudah pernah di rebonding atau sudah lurus, sedangkan rebonding biasanya dilakukan pada rambut yang memiliki dasar ikal atau keriting.

Meskipun rambut sudah lurus, orang melakukan smoothing karena ingin mendapatkan efek rambut yang rapi dan mudah diatur tanpa perlu mencatoknya terlebih dahulu.

Sedangkan orang yang memiliki rambut ikal ingin melakukan rebonding karena ingin mengikuti trend atau mendapatkan hasil rambut yang rapi.

2. Hasil akhir rambut

perbedaan antara smoothing dan rebonding rambut

Untuk rambut yang di smoothing, maka rambut akan terlihat lemas, lurus, halus atau lembut.

Ini karena obat atau krim smoothing memiliki efek melembutkan rambut.

Sedangkan rambut yang di rebonding, akan terlihat lurus tapi kaku dan agak keras.

Ini disebabkan obat untuk rebonding memiliki bahan kimia yang sangat besar takarannya.

3. Daya tahan

perbedaan toning smoothing dan rebonding

Daya tahan untuk smoothing tidak bisa lama, standardnya tidak sampai setahun, rambut akan melengkung kembali.

Sedangkan untuk rambut yang di rebonding, daya tahannya akan lebih lama, bahkan bisa melebihi 2 tahun, tergantung perawatan rutin yang Anda lakukan.

Jadi jika Anda ingin melakukan smoothing kembali, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk melakukannya kembali.

Sedangkan untuk rebonding, Anda harus menunggu minimal 1 tahun untuk rebonding kembali.

Jika Anda melakukan rebonding dalam rentang waktu yang lebih singkat, maka ini akan merusak rambut Anda karena terkesan dipaksa.

4. Waktu pengerjaan

apa perbedaan dari smoothing dan rebonding

Dalam melakukan smoothing diperlukan waktu pengerjaan yang lebih lama, antara 4-5 jam jika dilakukan di salon, karena pengolesan pelembut rambut dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Sedangkan untuk melakukan rebonding, waktu pengerjaannya lebih singkat sekitar 2-3 jam, karena obat rebonding lebih cepat meresap pada rambut.

5. Penggunaan Obat

apa perbedaannya smoothing dan rebonding

Untuk smoothing dipakai obat yang mengandung protein atau keratin, tapi tetap memiliki kandungan bahan kimia walaupun porsinya jauh lebih sedikit dibanding obat rebonding.

Obat ini tidak mengubah dasar rambut karena memang aslinya sudah lurus, hanya membuat efek lebih lembut, lurus dan halus sehingga mudah diatur.

Sedangkan obat rebonding mengandung kimia yang cukup tinggi yang dapat merubah bentuk rambut dari ikal atau keriting menjadi lurus, sehingga membutuhkan perawatan yang sangat maksimal.

6. Harga Perawatan Pelurusan

perbedaan proses smoothing dan rebonding

Jika Anda akan melakukan smoothing atau rebonding di salon, Anda akan melihat perbedaan harga yang sangat mencolok antara keduanya.

Dimana smoothing memiliki harga 2 kali lipat dibanding rebonding.

Padahal jika dilihat dari daya tahan hasil, rebonding justru memiliki hasil yang lebih permanen.

Namun jika dihitung secara detail, perawatan rutin untuk rebonding ini harus sering dilakukan, yang berarti budget pada akhirnya juga akan lebih mahal dibanding jika Anda memilih smoothing.


Jadi sebelum Anda memutuskan apakah akan melakukan smoothing atau rebonding, pertimbangkan baik-baik tentang perbedaan smoothing dan rebonding rambut ini dari segi harga, perawatan dan efek terhadap perawatan rambut tersebut.

Selain itu, jenis apapun yang akan Anda pilih, lakukan perawatan secara rutin terhadap rambut seperti hair spa atau hair masker, untuk melindungi rambut dari resiko kerusakan akibat proses pelurusan tersebut.